Bupati Konut H. Ruksamin Naikkan Gaji Operator Desa dan Beri Fasilitas

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin saat menyampaikan sambutan
Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin saat menyampaikan sambutan

Kendari, SultraNET. |  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) bekerja sama dengan PT. Putri Dewani Mandiri menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Kinerja Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa berbasis Aplikasi Siskeudes bagi para Aparat Desa se-Kabupaten Konawe Utara. Jumat (6/10/2023).

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Konawe Utara, Kajari Konawe, Kepala Dinas PMD, dan Inspektur Daerah. Kegiatan ini bakal dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 6 hingga 8 Oktober 2023, dengan total peserta sebanyak 159 orang.

Bacaan Lainnya

Saat membuka kegiatan secara resmi, Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin dalam sambutannya mengatakan, Bimtek aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) ini sangat penting karena merupakan alat bantu dalam pengelolaan keuangan desa berbasis sistem informasi yang bertujuan untuk memudahkan pemerintah desa dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa.

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin
Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin

Dalam kesempatan ini Bupati Konawe Utara juga meningkatkan kesejahteraan aparat desa dengan menaikan gaji operator desa yang semula Rp..800.000,- menjadi Rp. 1.250.000,- per bulan.

“Kepala Dinas PMD agar menganggarkan pakaian seragam dan Laptop di tahun 2024 untuk menunjang kinerja aparat desa, hal ini merupakan bentuk dukungan pemerintah konawe utara kepada perintah desa,” tegas Bupati Konut dua periode itu.

Ruksamin juga berpesan agar fasilitas yang di berikan itu dapat di pergunakan sebagai mana mestinya sehingga kinerja operator desa dalam bekerja tidak ada hambatan.

“Karena apabila bimtek ini di selenggarakan namun tidak ada fasilitas yang di berikan maka sia-sia ilmu yang di dapat dalam kegiatan ini,” jelas orang nomor 1 di Konut itu.

Sebagai penutup ia berharap Kegiatan ini dapat menciptakan pemerintahan Desa yang bersih, transparan, dan akuntabel. Oleh karena itu, pengetahuan dan kapasitas mereka perlu terus ditingkatkan melalui pelatihan seperti ini untuk menjaga keuangan Desa dapat semakin kuat, dan tata kelola keuangan Desa menjadi lebih baik.

“Ini adalah langkah konkret dalam mendukung visi Kabupaten Konawe Utara menjadi lebih sejahtera dan berdaya saing melalui pemerintahan Desa yang berkualitas.” tandasnya.

Sementara itu dalam sambutannya Hj. Andi Mafia, SH selaku penyelenggara kegiatan menerangkan bahwa Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan para Bendahara Desa dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka dalam pengelolaan keuangan Desa.

Hj. Andi Mafia, SH saat menyampaikan sambutan selaku penyelenggara kegiatan
Hj. Andi Mafia, SH saat menyampaikan sambutan selaku penyelenggara kegiatan

“Melalui pemahaman yang lebih baik tentang tugas-tugas mereka, diharapkan Bendahara Desa dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga keuangan Desa agar lebih transparan, efisien, dan akuntabel,” ujar Andi Mafia. (S)

Pos terkait