KKB-B Ikut Meriahkan HUT Bombana, Tampilkan Kemegahan Budaya Buton

Bombana, SultraNET. |  Dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Bombana, Kerukunan Keluarga Buton-Bombana (KKB-B) ikut memeriahkan dengan ambil bagian dalam barisan Kirab Budaya (Pawai Budaya) bersama perwakilan dari 22 kecamatan se-Kabupaten Bombana dengan menampilkan kebesaran budaya Suku Buton, Minggu (17/12/2023)

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang berperan aktif di Bombana, dalam kirab budaya itu, anggota KKB-B mengenakan pakaian adat Buton dengan corak dan bentuk yang unik, memukau penonton dengan kekayaan tradisi Suku Buton, mereka mengenakan Pakaian Kombo, simbol kebesaran wanita Buton, dan Pakaian Balahadhadha, kehormatan laki-laki Buton, menjadi daya tarik utama yang mencerminkan warisan budaya dan sistem golongan sosial dalam masyarakat Buton.

Bacaan Lainnya
Anggota KKB_B Laki-Laki mengenakan Pakaian Balahadhadha, simbol kehormatan laki-laki Buton
Anggota KKB_B Laki-Laki mengenakan Pakaian Balahadhadha, simbol kehormatan laki-laki Buton

Selain memperlihatkan busana adat, empat gadis dari Sanggar Seni KKB-B menyuguhkan Tari Rondoana dari Buton Selatan. Tarian penyambutan ini, dipentaskan di panggung utama setelah pemegang spanduk, memberikan nuansa tradisional yang kental dalam perayaan tersebut.

Kepemimpinan KKB-B di bawah Ketua Umum Ramsi Rafiu, SH., M.Si, dan Sekretaris Umum Erman Musuidi, ST, berupaya melibatkan seluruh potensi organisasi untuk terlibat aktif mengambil peran dalam pembangunan Kabupaten Bombana menuju masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.

“Keikutsertaan KKB-B di kirab budaya ini merupakan wujud kegembiraan dan kebersamaan kita menyukseskan seluruh rangkaian HUT Bombana ini,” ujar Ramsi Rafiu

Anggota Perempuan KKB-B mengenakan Pakaian Kombo, simbol kebesaran wanita Buton
Anggota Perempuan KKB-B mengenakan Pakaian Kombo, simbol kebesaran wanita Buton

Ramsi Rafiu yang saat ini juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana mewakili organisasi KKB-B juga menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun Kabupaten Bombana yang ke-20 tahun 2023 ini.

 “Selamat HUT Bombana ke 20 Tahun, mari Melangkah Maju Bersama Bombana yang Berkembang.” Tandasnya (IS)

Pos terkait