Sekda Man Arfa Pimpin Upacara Hari Otoda

Sekda Bombana, Man Arfa memimpin upacara Hari OTODA
Sekda Bombana, Man Arfa memimpin upacara Hari OTODA
Bombana, SultraNET. | Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana, Drs. Man Arfa, M.Si, bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII Tahun 2023 dengan mengusung tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul” yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Bombana, Sabtu(29/4/2023).
Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang dibacakan Oleh Sekda Man Arfa, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendensentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.
Man Arfa menambahkan bahwa setelah 27 tahun berlalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, yaitu dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah.
“Dengan peningkatan tersebut, diharapkan agar dapat dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” ujar Man Arfa.
Petugas mengibarkan Bendera Merah Putih
Petugas mengibarkan Bendera Merah Putih
Selain itu sekda, menyatakan bahwa bagi daerah yang masih rendah PAD-nya, agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah serta peningkatan bagi PAD bahkan melebihi Transfer ke Daerah dan Dana Desa(TKDD), tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.
Hal lain yang juga menjadi Arahan Presiden melalui sambutan Menteri Dalam Negeri dalam momentum Hari Otonomi Daerah yaitu terkait Pengendalian Inflasi Tahun 2023, Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Penurunan Angka Stunting. (SrM/Kominfo)

Pos terkait