Tingkatkan SDM, Dinas Ketahan Pangan Wakatobi Latih Kelompok Mandiri

  • Whatsapp

Wakatobi, SultraNET. | Dalam rangka meningkatkan sumberdaya manusia, pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui dinas Ketahanan Pangan mengadakan pelatihan kelompok mandiri pangan kepada dua kelompok tani sebanyak 60 orang asal desa Desa Pada Raya dan Desa Komala, Kamis (01/08/2019).

Kegiatan tersebut mengangkat tema mewujudkan petani yang mandiri dan sejahtera, Kegiatan yang dihelat di aula dinas ketahanan pangan tersebut melatih peserta agar dapat mengerjakan administrasi keuangan kelompok, pemanfaatan akan lahan pekarangan dan kebun, Analisa usaha tani serta pengembangan gizi keluarga.

Bukan hanya itu, setelah mendapatkan materi dari pembina, dua kelompok yang masing-masing menamakan dirinya kelompok tani Pamenturu dan Harapan lestari tersebut mempraktekan cara menanam dan memindahkan bibit tanaman sayuran seperti kangkung, terong, tomat dan beberapa jenis tumbuhan lainnya.

Selain diadakannya pelatihan, dinas ketahanan pangan memberikan bantuan dana kepada masing-masing kelompok sebagai modal usaha sebanyak 50 juta yang bersumber dari anggaran dana dekonsentràsi kemudian diperuntukkan untuk pengembangan kawasan rumah pangan lestari (KRPL).

Kepala Dinas ketahanan pangan kabupaten Wakatobi, Tamrin mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan tahapan kedua dari tiga tahapan kelompok mandiri pangan.

“Ada tiga tahapan dalam pembinaan kelompok mandiri pangan ini yang pertama adalah tahapan persiapan, tahapan pembinaan serta tahapan lanjutan,” ujarnya pasca pelatihan digelar.

Sehingga Tamrin berharap, kelompok ini menjadi kelompok yang mandiri secara individu dan dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Menurutnya, berbicara soal ketahanan pangan bukan hanya menjadi tugas pemerintah melainkan menjadi tanggung jawab bersama dari masyarakat serta swasta.

“Pendidikan seperti ini merupakan pendidikan nonformal yang merupakan upaya-upaya pemerintah daerah agar sumberdaya manusia yang mumpuni dapat kita wujudkan,” pungkasnya.

Laporan : Samidin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *