Antisipasi Genangan Air: Babinsa Koramil 02/Kabaena Gotong Royong Bersihkan Drainase

Bombana, SultraNET | – Sebagai upaya proaktif dalam menghadapi potensi genangan air saat musim hujan, Babinsa Koramil 1431-02/Kabaena, Peltu Arlaan, bersama Personel Koramil 02 Kabaena, turun ke lapangan untuk melakukan kerja bakti pembesihan parit. Kegiatan ini dilakukan di Dusun Damalawa Desa Tapuhaka, Kecamatan Kabaena Timur, Kabupaten Bombana. Sabtu, 24/2/2024

Dalam aksi gotong royong tersebut, fokus utama adalah membersihkan drainase yang terhambat oleh tumpukan tanah. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyumbatan yang bisa mengakibatkan tergenangnya air saat musim penghujan. Diketahui, drainase yang lancar menjadi kunci dalam mengurangi risiko banjir di wilayah tersebut.

Bacaan Lainnya

“Tindakan pencegahan lebih baik daripada menghadapi dampak banjir. Oleh karena itu, kami bergerak cepat untuk membersihkan drainase agar aliran air lancar dan tidak menimbulkan genangan yang merugikan masyarakat,” ujar Peltu Arlaan

Menyadari pentingnya keterlibatan seluruh komponen masyarakat, Peltu Arlaan juga mengajak warga sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami mengajak seluruh masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar, untuk turut serta menjaga kebersihan. Dengan bersama-sama, kita dapat mencegah dampak buruk akibat tergenangnya air saat musim hujan,” tambahnya.

Salah satu yang merespons positif ajakan tersebut adalah Kepala Dusun Damalawa, Juliana. Menurutnya, kerja bakti yang dilakukan oleh Babinsa dan Personel Koramil 02 Kabaena merupakan contoh nyata kepedulian terhadap lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Babinsa dan Koramil. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk turut serta aktif dalam menjaga lingkungan,” ungkap Juliana.

Dengan semangat gotong royong dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, upaya bersih-bersih drainase ini diharapkan mampu mengurangi potensi genangan air dan banjir di wilayah Dusun Damalawa serta sekitarnya.

Pos terkait