Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024, Bombana Menyongsong Demokrasi Berkualitas

Pj. Bupati Bombana, Edy Suharmanto saat memimpin Apel
Pj. Bupati Bombana, Edy Suharmanto saat memimpin Apel

Bombana, SultraNET. | Dalam upaya memastikan kesuksesan Pemilu 2024 sebagai pesta demokrasi, Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Bombana menggelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024. Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan yang dihelat di Pelataran Eks MTQ Kabupaten Bombana, Kelurahan Lauru, Kecamatan Rumbia Tengah, menunjukkan kesiapan pemerintah daerah dan komitmen dalam mengawal proses demokrasi yang berkualitas.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan pentingnya momen apel siaga sebagai ajang penyatuan semangat dan evaluasi kesiapan untuk mendukung jalannya Pemilu 2024.

Peserta Apel Siaga Pengawasan Kampanye
Peserta Apel Siaga Pengawasan Kampanye

Dengan keyakinan akan kesuksesan pesta demokrasi, ia menekankan bahwa Pemerintah Daerah dan penyelenggara pemilu telah sepenuhnya siap untuk menjalankan proses Pemilu 2024 dengan integritas dan kedamaian yang tinggi.

“Komitmen kami untuk berkolaborasi dengan penyelenggara pemilu adalah bagian dari amanah undang-undang. Kami berupaya memberikan yang terbaik demi penyelenggaraan pesta demokrasi yang berjalan lancar,” ujar Edy Suharmanto.

Netralitas Kepala Daerah. Tanggung Jawab dan Komitmen Penuh

Edy Suharmanto menegaskan tanggung jawabnya dalam menjaga netralitasnya serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bombana. Netralitas yang diatur secara ketat dalam undang-undang menjadi landasan bagi pemerintahan daerah untuk tidak berpihak kepada satu pihak dalam proses demokrasi.

“Mengacu pada ketentuan yang berlaku, kami memastikan netralitas ASN, Kadis, Camat, Lurah, atau Kades dalam proses Pemilu. Jika ada upaya untuk melanggar ketentuan dan menunjukkan keberpihakan, kami meminta kerja sama dari BAWASLU untuk menindak tegas pelanggaran tersebut,” tegas Edy Suharmanto.

Foto Bersama Stakeholder Terkait
Foto Bersama Stakeholder Terkait

Menurut Pj. Bupati Bombana, keberpihakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat mengikis prinsip keadilan yang dijunjung dalam proses demokrasi. Kerja sama dengan BAWASLU dan seluruh pihak terkait menjadi kunci utama dalam menjamin integritas penyelenggaraan Pemilu 2024.

Komitmen Terhadap Keadilan dan Transparansi

Pj. Bupati Bombana menggarisbawahi pentingnya keadilan dalam semua tahapan Pemilu. Dalam konteks ini, transparansi dan kejujuran menjadi komitmen utama dalam mendukung proses demokrasi yang sehat dan berkualitas.

“Kami mengundang BAWASLU dan semua pihak terkait untuk bersinergi dalam menjaga keadilan dalam proses demokrasi ini. Setiap pelanggaran terhadap netralitas akan ditindak dengan tegas demi keselamatan demokrasi kita,” papar Edy Suharmanto.

Dengan komitmen kuat untuk mendukung kesuksesan Pemilu 2024, Pj. Bupati Bombana dan seluruh jajaran pemerintahan siap untuk mengawal proses demokrasi menuju tahap yang berintegritas, damai, dan transparan.

Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga merupakan panggilan bagi seluruh elemen masyarakat dalam memastikan proses demokrasi yang adil dan berkualitas.

Kegiatan Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024 di Bombana menunjukkan kesiapan serta komitmen pemerintah daerah dalam memastikan proses demokrasi yang bermutu. Dengan mempertahankan netralitas, transparansi, dan keadilan, Bombana bersama seluruh pihak terkait siap menjadi garda terdepan dalam mengawal Pemilu 2024 menuju keberhasilan yang lebih baik. (Adv)

Pos terkait