Babinsa Koramil 01/Rumbia Bergerak Cepat Bersama Warga Singkirkan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang di Desa Lampata

Bombana, SultraNET. | Babinsa Lampata Koramil 1431-01/Rumbia, Serma Abd. Hafid, dan masyarakat desa Lampata bersatu dalam kerja bakti pembersihan pohon tumbang dan tanah longsor yang menghalangi badan jalan, khususnya di Jalan Poros Rumbia – Mataoleo dan saluran air, yang diakibatkan oleh curah hujan tinggi yang melanda wilayah tersebut semalaman penuh. Kamis, 21/3/2024

Babinsa Serma Abd. Hafid disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, longsor terjadi akibat hujan deras dengan intensitas yang cukup tinggi mengakibatkan pohon tumbang dan tanah longsor sehingga menutupi akses jalan Jalan Poros Rumbia-Mataoleo, sehingga kendaraan roda dua maupun roda empat tidak dapat melewati jalan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Dengan alat seadanya, kami bersama Pemerintah desa Lampata bersama masyarakat bergotong-royong membersihkan material longsor berupa tanah dan pohon tumbang yang menutupi jalan,” ungkapnya.

“Dengan kegiatan kerja bakti ini diharapkan lalu lintas yang melewati jalan Jalan Poros Rumbia-Mataoleo dapat berjalan normal kembali baik kendaraan roda dua maupun roda empat sehingga aktivitas warga berjalan dengan baik”, Imbuhnya

Secara terpisah Danramil 01/Rumbia, Kapten Inf Syafaruddin, menyampaikan bahwa salah satu tugas TNI dalam hal ini Babinsa yaitu membantu warga, mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya serta menjadi motor penggerak sehingga warga masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

“Akhir-akhir ini intensitas hujan cukup tinggi, sehingga warga harus ekstra hati-hati, waspada, bila sewaktu-waktu terjadi bencana longsor,” Ucap Danramil.

Sementara itu, Kepala Desa Lampata, Filuddin, menyampaikan apresiasi atas upaya bersama yang dilakukan oleh Babinsa dan masyarakat.

“Kerja bakti ini menjadi contoh bagaimana kebersamaan dan gotong royong dapat mengatasi berbagai tantangan, terutama dalam situasi darurat seperti ini, Hal ini juga menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas di antara seluruh elemen masyarakat Desa Lampata” pungkas Filuddin.

Pos terkait