Bayi Kembar Siam, Akila dan Azila, Berhasil Dipisahkan

  • Whatsapp
Pasca pemisahan lever dan jantung, Akila dan Azila kini menjalani operasi tahap penutupan defect kulit oleh tim bedah plastik.
Pasca pemisahan lever dan jantung, Akila dan Azila kini menjalani operasi tahap penutupan defect kulit oleh tim bedah plastik.`

SultraNET. | Selvina Dewi tak bisa menahan tangis ketika dr. Purwadi SpB SpBA (K) mengabarkan kalau jantung Akila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina berhasil dipisahkan tepat pukul 11.55 WIB. Sekitar satu jam sebelumnya, rongga perut dan lever Akila dan Azila juga sudah berhasil dipisahkan tepat pukul 10.20 WIB.

Dilansir Kumparan, Melalui sambungan telepon, dr. Purwadi yang berada di kamar operasi 405 juga mengabarkan kalau kondisi Akila dan Azila terpantau stabil. “Alhamdulillah,” kata Selvina Dewi, ibu Akila dan Azila, sambil terisak.
Menurut pengamatan Basra, selama operasi pemisahan lever dan jantung hanya sedikit pendarahan yang terjadi. Hal ini dibenarkan dr. Purwadi yang menyatakan perdarahan tak sampai 10 cc.
“Kantong darah yang kami siapkan belum terpakai. Kami harap sampai akhir operasi tidak ada yang terpakai,” kata dokter Purwadi.
Mengenai perdarahan minimal selama operasi, dr Agus Hariyanto SpA, Ketua Tim Kembar Siam RSUD Dr Soetomo Surabaya, menjelaskan penyebabnya.
“Salah satunya karena kami pakai pisau bedah harmonik atau harmonic scalpel yang digunakan untuk memotong sekaligus langsung membekukan perdarahan,” kata dr Agus.
Sejak 2005, RSUD Dr Soetomo menggunakan pisau bedah harmonik untuk memisahkan kembar siam. Saat di meja operasi, baru diketahui jika Akila mengalami hernia umbilikalis.
Berdasarkan penjelasan dr. Purwadi, hernia umbilikalis adalah kondisi bagian usus menonjol keluar dari pusar. Kondisi ini umumnya terjadi pada bayi, dan tidak berbahaya.
“Nanti tali pusar akan kami beri ke Akila, yang Azila dibuatkan tali pusar pengganti,” kata dokter Purwadi yang sempat memberi keterangan pada media pasca pemisahan lever.
Kini Akila dan Azila telah terpisah secara fisik. Keduanya kini sedang menjalani operasi tahap penutupan defect kulit oleh tim bedah plastik.
Berikut rangkuman Operasi Pemisahan Akila dan Azila
05.00: Akila dan Azila dipasang infus
05.30: Akila dan Azila dimandikan
06.15: Transfer dari Irna Bobo ke kamar operasi GBPT menggunakan brankar
06.30: Sampai di kamar operasi 405 GBPT
07.40: Diberi anestesi
08.20: Dipasang central line atau CVC oleh dokter anestesi
09.05: Tim bedah plastik menggambar area operasi
09.10: Tim bedah anak masuk kamar operasi untuk disinfeksi
09.45: Mengiris bagian rongga perut
10.20: Berhasil memisahkan lever
10.40: Selesai pemisahan lever
11.55: Berhasil memisahkan jantung.  (kumparan)
Link Asli : https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/update-bayi-kembar-siam-akila-dan-azila-berhasil-dipisahkan-1rfC0NEVQQ1

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *