Bombana Terima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Sekda Prov. Sultra Asrun Lio (Kanan) saat menyerahkan piagam kepada Kadis Kominfo Bombana, Sofian Baco (Kiri)
Sekda Prov. Sultra Asrun Lio (Kanan) saat menyerahkan piagam kepada Kadis Kominfo Bombana, Sofian Baco (Kiri)

Kendari, SultraNET. | Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Bombana meraih penghargaan prestisius sebagai yang kedua terbaik dalam Evaluasi dan Monitoring Kepatuhan Keterbukaan Informasi Publik 2023. Penghargaan ini diberikan oleh Komisi Informasi (KI) dalam Kategori PPID Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tenggara, sebuah prestasi luar biasa yang memperkuat posisi Bombana sebagai pelopor transparansi pemerintahan. Senin (11/12/2023)

Suasana penuh kebanggaan meliputi PPID Bombana saat menerima penghargaan dari tangan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio. Acara prestisius ini berlangsung di Hotel Said Azizah Kendari, menjadi saksi pengakuan terhadap dedikasi tinggi PPID Bombana dalam mengelola informasi publik.

Bacaan Lainnya

Untuk memberikan nilai, Komisi Infarmasi Sultra telah melibatkan diri dalam diskusi intensif dengan OPD selama satu tahun enam bulan, dengan tujuan untuk memastikan partisipasi publik dan operasional yang teratur di satuan masing-masing.

Saat memberikan penghargaan, Asrun Lio tidak hanya mengakui keberhasilan PPID Bombana, tetapi juga menggarisbawahi peran vital mereka dalam menghadirkan tata kelola pemerintahan yang lebih terbuka dan inklusif. Dengan sikap transparan dan akuntabel, PPID Bombana telah menciptakan model yang patut diikuti oleh kabupaten/kota lain di Sulawesi Tenggara.

“Kami berharap Keterbukaan Informasi Publik tidak berhenti, tidak cukup pada hal-hal yang sifatnya teknis administratif dan konsep yang prosedural, namun harus bermanfaat, terimplementasikan pada pelayanan yang ada. Ini harus dimiliki oleh seluruh Badan Publik di Provinsi Sulawesi Tenggara ini .” ujar Asrun Lio

Sekda Prov. Sultra Asrun Lio saat menyampaikan Sambutan
Sekda Prov. Sultra Asrun Lio saat menyampaikan Sambutan

Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tenggara, sebagai penyelenggara acara, turut memberikan apresiasi kepada PPID Bombana. Mereka menyoroti upaya transparan dan akuntabel yang diterapkan oleh PPID tersebut, mencakup aspek ketersediaan informasi, responsifitas layanan, dan kualitas dokumentasi. Ini bukan hanya sekadar penghargaan, melainkan pujian yang menegaskan kontribusi signifikan PPID Bombana dalam membangun fondasi demokrasi yang kokoh.

“Dengan konsep PPID masyarakat bisa mengakses informasi secara online karena hal ini sudah sangat inklusi. Semoga dengan keterbukaan informasi publik, tata kelola pemerintahan akan semakin baik .” jelas Andi Ulil Amri selaku Ketua Panitia

Kadis Kominfo Bombana, Sofian Baco (Kiri)
Kadis Kominfo Bombana, Sofian Baco (Kiri)

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Bombana, Sofian Baco, menyampaikan apresiasi tinggi kepada tim PPID Bombana. Ia menyoroti prestasi gemilang ini sebagai hasil dari kerja keras dan komitmen tinggi dalam melayani masyarakat dengan memberikan akses yang lebih luas terhadap informasi publik.

Sofian Baco menegaskan bahwa transparansi informasi adalah kunci untuk kemajuan daerah dan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahap pembangunan. Penghargaan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi PPID Bombana tetapi juga menjadi motivasi besar untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan akses informasi publik.

“Dengan memberikan informasi yang jelas dan akurat untuk masyarakat, kita tidak hanya memenuhi kewajiban pemerintah, tetapi juga menciptakan dampak positif yang nyata pada keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan.” ujar Sofian Baco

Kadis Kominfo Bombana, Sofian Baco (Ketiga dari Kiri)
Kadis Kominfo Bombana, Sofian Baco (Ketiga dari Kiri)

Peran strategis PPID dalam mendukung demokrasi, akuntabilitas, dan transparansi pemerintahan daerah kini semakin terasa. Bombana bukan hanya menjadi contoh dalam hal ini, tetapi juga pionir dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang lebih baik di Sulawesi Tenggara. Ke depannya, diharapkan bahwa prestasi ini akan memberikan inspirasi bagi daerah-daerah lain untuk menerapkan praktik terbaik yang diterapkan oleh PPID Bombana.

Dengan demikian, keberhasilan PPID Bombana bukan hanya sebuah penghargaan semata, tetapi juga sebuah tonggak penting dalam membangun fondasi pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berfokus pada partisipasi masyarakat. Prestasi ini menggarisbawahi betapa pentingnya upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan visi pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Para Undangan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sulawesi Tenggara
Para Undangan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sulawesi Tenggara

Seperti diketahui, dengan berakhirnya tahun 2023, Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tenggara (KI Sultra) mengumumkan penerima penghargaan dalam Kategori Keterbukaan Informasi Publik (KIP), mencakup PPID, OPD, dan PPID penyelenggara Pemilu terbaik. Dalam kategori pertama, PPID Utama Kabupaten Kolaka meraih peringkat terbaik 1, diikuti oleh PPID Utama Kabupaten Bombana sebagai terbaik 2, dan PPID Utama Kota Bau-Bau sebagai terbaik 3.

Kategori kedua, yang mencakup OPD lingkup Pemprov Sultra, yaitu Rumah Sakit Jantung Oputa Yii Koo Provinsi Sultra sebagai terbaik 1, RSUD Bahteramas Provinsi Sultra sebagai terbaik 2, dan Dinas Sumberdaya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra sebagai terbaik 3.

Sementara pada kategori ketiga, PPID Penyelenggara Pemilu Provinsi Sultra, Bawaslu Provinsi Sultra meraih peringkat terbaik 1, diikuti oleh KPU Provinsi Sultra sebagai terbaik 2, dan PPID Bawaslu Kota Bau-Bau sebagai terbaik 3. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Sekda Sultra, yang didampingi oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Ketua KI Sultra, serta anggota lainnya, pada acara penganugerahan KIP tahun 2023. (Adv)

Pos terkait