NPHD Pilkada Konawe Utara 2024 Resmi Ditandatangani

Bupati Konut, H.Ruksamin saat menandatani NPHD
Bupati Konut, H.Ruksamin saat menandatani NPHD

Kendari, SultraNET. | Pemerintah Kabupaten Konawe Utara bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Utara, Kodim 1430 Konawe Utara, dan Polres Konawe Utara secara resmi menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe Utara tahun 2024. Penandatanganan NPHD ini berlangsung di Hotel Plaza Inn Kota Kendari pada hari Jumat, 6 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Konawe Utara mengungkapkan apresiasi terhadap kerja sama antara pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, Kodim 1430, dan Polres Konawe Utara dalam menandatangani NPHD ini.

Bacaan Lainnya

Ia juga menyampaikan rencana pemerintah pusat untuk memajukan agenda Pilkada dari bulan November 2024 menjadi bulan September 2024, dan penyelenggara pemilu tingkat Kabupaten Konawe Utara siap mengikuti perubahan tersebut.

“Kami, sebagai penyelenggara pemilu, siap menjamin pelaksanaan demokrasi di tingkat kabupaten. Partisipasi lalu mencapai 92,96% dan tertinggi di Sulawesi Tenggara, yang harus kami jaga dan tingkatkan,” ujarnya.

Foto Bersama usai Penandatanganan NPHD
Foto Bersama usai Penandatanganan NPHD

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Konawe Utara menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Kesbangpol Kabupaten Konawe Utara atas antusiasme mereka dalam menggelar acara penandatanganan NPHD ini. Ia menekankan pentingnya kerja sama dalam menjaga agar Pilkada tahun 2024 tetap kondusif.

“Semoga Pilkada di Kabupaten Konawe Utara dapat berjalan dengan lancar sesuai yang kita harapkan bersama,” ujarnya.

Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga karena kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurutnya kegiatan hari ini menandai beberapa kegiatan yang sudah dilalui dalam rangka melaksanakan, mensukseskan Program Nasional yang masuk dalam Program Strategis Nasional.

“Hari ini, Insya Allah, kita akan menandatangani NPHD Kabupaten Konawe Utara sebesar 67 miliar Rupiah yang terdiri dari 45 miliar Rupiah untuk KPU Konawe Utara, 18 miliar Rupiah untuk Bawaslu Konawe Utara, 3 miliar Rupiah untuk Polres Konawe Utara, dan 1 miliar Rupiah untuk Kodim 1430 Konawe Utara,” bebernya.

Bupati Konut, H. Ruksamin
Bupati Konut, H. Ruksamin

Bupati berharap bahwa pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 di Kabupaten Konawe Utara dapat berjalan dengan baik dan lancar dari tahap awal hingga akhir.

“Saya berharap KPU maupun Bawaslu dapat menjaga partisipasi dan antusiasme masyarakat sebagai pemilih agar dapat meningkat secara signifikan, dan pelaksanaan pemilu dan pilkada di Kabupaten Konawe Utara dapat berjalan dengan tertib, aman, dan kondusif,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, Ketua KPU dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara, Forkopimda Kabupaten Konawe Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara, Ketua KPU dan Bawaslu Kabupaten Konawe Utara, Kepala OPD dan Kabag di Lingkungan Kabupaten Konawe Utara, serta undangan lainnya. (S)

Pos terkait