Pemkab Bombana Lakukan Uji Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama

Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si. (Tengah) saat membuka kegiatan
Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si. (Tengah) saat membuka kegiatan

Bombana, Sultranet.comPemerintah Kabupaten Bombana melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bombana menggelar Uji Kompetensi Kesesuaian Jabatan (Jobfit) bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Lt 2 Kantor Bupati Bombana ini resmi dibuka oleh Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si. Selasa (27/2/2024)

Jobfit merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Bombana untuk memastikan bahwa para pejabat yang menjabat memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan jabatan mereka.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Bombana menegaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya didasarkan pada inisiatif pribadi beliau, melainkan juga merupakan amanat Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Pasal 117 dari undang-undang tersebut mengatur bahwa Jabatan Pimpinan Tinggi hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun, namun dapat diperpanjang berdasarkan pencapaian kinerja, kesesuaian kompetensi, dan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian dan berkoordinasi dengan KASN.

Suasana Pembukaan Kegiatan Uji Kompetensi
Suasana Pembukaan Kegiatan Uji Kompetensi

Pj. Bupati Edy Suharmanto juga menekankan pentingnya kualitas dan kompetensi dalam menjalankan tugas-tugas kepemimpinan. Beliau berharap melalui uji kompetensi ini.

“Para pejabat yang terpilih nantinya mampu memberikan kontribusi maksimal dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Bombana,” tegas Edy Suharmanto.

Sebanyak 18 orang Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Kabupaten Bombana mengikuti ujian kompetensi ini. Para peserta uji kompetensi akan menjalani serangkaian tes dan wawancara untuk menilai kemampuan mereka dalam memenuhi tuntutan jabatan sebagai pejabat pimpinan tinggi pratama.

Uji kompetensi jabatan ini menjadi salah satu langkah penting dalam pengembangan sumber daya manusia di lingkungan pemerintahan daerah. Diharapkan dengan adanya uji kompetensi ini, Kabupaten Bombana akan memiliki kepemimpinan yang efektif dan berkualitas untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. (adv)

Pos terkait