Peringatan HUT RI ke-78, Bupati Butur : Jaga Kebersamaan dan Persatuan

Bupati Butur Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si.
Bupati Butur Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si.

Buranga, SultraNET. | Malam ramah tamah dan syukuran peringatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2023 yang bertemakan “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” digelar pada Kamis  (17/08/2023), di Rujab Bupati Buton Utara (Kamali). Acara tersebut dimaksudkan agar seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta bergembira merayakan peringatan Hari Kemerdekaan RI tercinta.

Suasana berbeda terlihat dalam beberapa hari terakhir, suasana semarak, antusiasme masyarakat Buton Utara dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-78 melalui pemasangan baliho, umbul-umbul dan bendera merah putih di setiap kantor dan rumah masyarakat, perlombaan gerak jalan antar desa dan sekolah, serta berbagai turnamen olahraga yang menunjukkan bahwa semangat kebersamaan dan rasa kecintaan pada tanah air tetap terpelihara dalam setiap derap langkah kehidupan kita.

Bacaan Lainnya

Acara Malam Ramah Tamah tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Buton Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Utara, Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD, Pejabat Sipil, para TNI dan Polri Kepala Kantor Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, para Camat, Lurah, dan Kepala Desa, Tokoh masyarakat, Pemuka agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, para Orang Tua peserta Paskibraka, serta peserta Paskibraka Kabupaten Buton Utara.

“Melalui kesempatan yang baik ini, kami berharap rasa kebersamaan dan persatuan terus terjaga, ditanamkan dalam hati sanubari kita untuk menjadi prinsip dalam menghadapi kemajemukan budaya bangsa Indonesia,” ungkap Bupati Butur Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. dalam membuka Acara Malam Ramah Tamah.

Ramah tamah HUT-RI
Ramah tamah HUT-RI

“Keberhasilan dalam membangun suatu bangsa tidak boleh dilihat hanya dari aspek fisiknya saja tetapi juga harus dilihat dari aspek moralitas agar kerja dan hasil yang dicapai senantiasa mendapat ridho Allah SWT. Kita harus menghindari rasa curiga yang berlebihan baik individu maupun kelompok yang dapat menimbulkan fitnah, menghindari provokasi, serta berita hoax, yang marak akhir-akhir ini melalui media sosial, karena kesemuanya itu akan dapat merusak persatuan dan kebersamaan yang akhirnya akan menghambat kerja kita ke depan,” ucap bupati.

“Semoga tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Buton Utara dapat berjalan dengan baik sehingga target-target pembangunan yang telah kita tetapkan melalui dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dapat tercapai di segala bidang, akan membawa Buton Utara menjadi salah satu kabupaten yang berkembang dan patut dibanggakan,” lanjutnya.

“Pada kesempatan yang baik ini juga, perlu saya sampaikan agenda Prioritas pembangunan pemerintah Buton Utara Tahun 2023 yang menjadi konsentrasi kita bersama dan sementara dilaksanakan yaitu pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, rencana pembangunan bandara, serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian perikanan dan usaha menengah kecil mikro sebagai upaya pencapaian visi Buton Utara yang maju, adil dan sejahtera,” sambungnya.

“Di Tahun 2024 Indonesia akan melaksanakan perhelatan politik yang besar, pemilu Nasional Pemilihan Presiden DPR, DPD, DPRD, dan juga Pilkada serentak. Pemilu serentak ini akan menjadi ujian yang sesungguhnya bagi kita semua bangsa Indonesia dalam menjalankan demokrasi. Bukan hanya sekedar menjalankan mandat reformasi tahun 1998 tapi kita harus dapat menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan demokrasi yang matang, sehubungan dengan itu diperlukan kesiapan kita semua, baik penyelenggara Pemilu maupun masyarakat kita sendiri,” ucap bupati.

“Bagi masyarakat Buton Utara yang sudah tiga kali mengikuti pesta demokrasi, tentu hal ini menunjukkan bahwa pemahaman kita dalam berdemokrasi semakin baik dan saya yakin bahwa masyarakat mulai memahami konsekuensi dari negara demokrasi, di mana kita diberi ruang untuk berbeda pandangan. Perbedaan jangan diartikan sebagai lawan namun sebagai kawan dalam memperjuangkan gagasan di alam demokrasi,” ungkapnya.

“Oleh karena itu sikap Arif dan bijak sangat dibutuhkan dari segenap elemen masyarakat, partai politik, tokoh masyarakat maupun penyelenggara pemerintahan, sehingga kita dapat menyelenggarakan agenda penting ini dengan suasana tertib dan sukses. Semoga Allah SWT meridhoi tugas dan tanggung jawab kita untuk membangun Kabupaten Buton Utara tercinta,” sambungnya.

Ramah Tamah HUT-RI
Ramah Tamah HUT-RI

Sebelum mengakhiri sambutannya, bupati menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi pada Forkopimda khususnya TNI dan Polri yang terus menjaga situasi kondusif sehingga semua aktivitas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

“Semoga situasi ini dapat terus kita pelihara bersama-sama demi kesinambungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Akhirnya, Mari kita memohon kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa, semoga apa yang kita ikhtiarkan bersama bernilai ibadah dan mari kita isi kemerdekaan ini dengan kerja nyata dan berkarya, guna mewujudkan cita-cita Kusuma Bangsa. “Dirgahayu Republik Indonesia, Buton Utara yang maju, adil dan sejahtera untuk Indonesia Jaya.” pungkasnya. (MC)

Pos terkait