Perpustakaan Daerah Bombana Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi di Sekolah

Kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi di Sekolah
Kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi di Sekolah

Bombana, SultraNET.com | Dinas Perpustakaan Kabupaten Bombana berkolaborasi menggelar sosialisasi budaya baca dan literasi di SDN 31 Pusuea, SDN 45 Bambaea, dan SMA 04 Bombana di Kecamatan Poleang Timur. Senin (22/01/2024).

Kepala Perpustakaan Daerah Bombana, Alfian, SH., M.A.P, menyampaikan bahwa upaya meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan pelajar menjadi fokus kegiatan ini.

Bacaan Lainnya

“Anak-anak adalah generasi penerus, dan literasi adalah kunci kesuksesan mereka di masa depan. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk membentuk budaya baca yang kuat di sekolah-sekolah ini,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Sulfiah, S.Ag, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, menegaskan bahwa tujuan utama sosialisasi ini adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca dan literasi di kalangan generasi muda.

“Kami ingin menciptakan lingkungan di mana membaca bukan hanya sebuah tugas, tetapi menjadi kegiatan yang menyenangkan dan membangun pengetahuan,” ujarnya.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan singkat mengenai manfaat membaca dan literasi dalam pembentukan karakter dan pengembangan kemampuan berpikir kritis. Para peserta kemudian diajak berpartisipasi dalam kegiatan interaktif, seperti permainan kuis literasi dan diskusi kelompok tentang buku-buku favorit mereka.

Perpustakaan Daerah turut membawa beberapa koleksi buku terbaru untuk dipamerkan dan dipinjam oleh siswa.

“Kehadiran perpustakaan di sekolah dapat menjadi sarana yang mendukung proses belajar mengajar, serta menginspirasi minat baca para siswa,” jelasnya

Kepala Sekolah SDN 31 Pusuea,  Syamsuddin, S.Pd, menyambut baik kegiatan ini dan berharap semoga ini menjadi langkah awal untuk mendorong semangat belajar dan membaca di kalangan siswa.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya budaya baca dan literasi semakin meningkat di kalangan siswa, menciptakan generasi yang lebih berpengetahuan dan kritis di Kabupaten Bombana. (Kominfos)

Pos terkait