Pj. Bupati Buton Hadiri Apel Siaga Pengurangan Risiko Bencana Nasional

Pj. Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, M.Si. saat menghadiri Apel Siaga Bulan PRB Tahun 2023
Pj. Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, M.Si. saat menghadiri Apel Siaga Bulan PRB Tahun 2023

Kendari, SultraNET. | Pj. Bupati Buton, Drs. La Ode Mustari, M.Si. menghadiri secara langsung Apel Siaga dalam rangka kesiapan dan peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Tahun 2023, di Pelataran Barat Tugu Religi Sultra, Kendari Rabu pagi, 11 Oktober 2023.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga Sekjen Kemenkumham Komjen Pol. (Purn.) Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H yang dihadiri juga Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dr. Rustian, S. Si., Apt., M. Kes., para kepala daerah se-Sulawesi Tenggara, dan jajaran dari BNPB.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur menyampaikan, apel siaga hari ini selain kesiapsiagaan juga untuk menentukan, menjalankan, memonitoring, dan mengevaluasi langkah-langkah strategis pengurangan resiko bencana (PRB). Semoga yang dirumuskan di Sulawesi Tenggara menjadi bahan Pembangunan berkelanjutan berbasis PRB.

“Saya selaku PJ tentu mendukung penuh hal-hal seperti ini untuk kemaslahatan umat, untuk pertolongan kepada Masyarakat kita sendiri kita harus siap,” ujarnya.

Apel Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sulawesi Tenggara
Apel Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sulawesi Tenggara
Apel Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sulawesi Tenggara
Apel Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Sulawesi Tenggara

Pj. Gubernur mengatakan tujuan umum peringatan PRB tahun ini adalah untuk membangun kesadaran Bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB, serta dijadikan ajang Bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia.

“Langkah yang terukur, terarah, dan tepat sasaran dalam mengantisipasi, menyikapi, menderek, merehabilitasi bencana alam, bancana non alam, bencana sosial sudah saatnya berbasis pada riset dan inovasi nasional,” katanya.

Diakhir sambutannya Pj Gubernur menyampaikan selamat berurung rembuk dan bergotong royong gagasan, sebagai sumbangsi pengabdian kita secara berkelanjutan menghadirkan pengurangan risiko bencana yang menjadi basis rencana pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Puncak Peringatan Bulan PRB merupakan agenda nasional yang juga bagian dari peringatan PRB Internasional (International Day For Disaster Risk Reduction) yang diperingati setiap tanggal 13 Oktober.

Setelah mengikuti Apel Siaga Pj Bupati Buton yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamluddin, S.Pd., M.Si. menghadiri pembukaan pameran kebencanaan di Pelataran Selatan Tugu Religi Sultra yang di buka oleh Sekretaris Daerah Prov. Sultra Asrun Lio, M.Hum., Ph.D.

Pos terkait