Babinsa Koramil 1431-01/Rumbia Turun Tangan Bersihkan Got yang Tersumbat Bersama Masyarakat Desa Lora

Bombana, SultraNET. | Babinsa Koramil 1431-01/Rumbia, Koptu Samsudin, bersama dengan masyarakat setempat, mengambil langkah proaktif dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih saluran air (got) Desa Lora Kecamatan Mataoleo, Kabupaten Bombana. Inisiatif ini bertujuan untuk mencegah genangan air dan potensi banjir saat musim hujan tiba. Minggu, 3/3/2024

Kegiatan kerja bakti tersebut difokuskan pada pengangkatan material tanah yang telah menutupi saluran air, yang dapat menghambat aliran air dan mengakibatkan genangan air di sekitar desa. Partisipasi aktif dari kepala desa, Kepala Dusun 2 Salman, serta masyarakat sekitar menjadi pendorong utama kelancaran kegiatan ini.

Bacaan Lainnya

Menurut Koptu Samsudin, Babinsa yang terlibat dalam kegiatan tersebut, langkah proaktif ini sangat penting untuk mencegah dampak negatif akibat tersumbatnya saluran air.

“Kami berusaha untuk bersinergi dengan masyarakat agar dapat menjaga lingkungan dan mencegah bencana banjir yang sering terjadi,” ungkapnya.

Tanggapan positif juga disampaikan oleh Kepala Desa Lora, Herman Saputra, S. Sos., yang menyatakan bahwa kerja bakti ini merupakan bentuk kepedulian bersama terhadap lingkungan dan keselamatan warga desa. “Kegiatan ini menunjukkan kesadaran kolektif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta mencegah kerugian akibat banjir,” ujarnya.

Langkah konkret yang diambil oleh Babinsa Koramil 1431-0/Rumbia ini juga diapresiasi oleh masyarakat setempat. Mereka menganggap kolaborasi antara aparat militer, pemerintah desa, dan warga merupakan contoh nyata dari kekuatan bersama untuk mengatasi masalah lingkungan yang ada di sekitar mereka.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan meningkatkan kesadaran lingkungan dan semangat gotong royong di Desa Lora serta menjadi contoh inspiratif bagi desa-desa lainnya dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Pos terkait