Desa Pulau Tambako, Desa Percontohan Penyaluran Dana Desa Terbaik di Bombana

penyerahan Piagam Penghargaan Desa Percontohan Penyaluran Dana Desa terbaik di Kabupaten Bombana Tahun 2023
penyerahan Piagam Penghargaan Desa Percontohan Penyaluran Dana Desa terbaik di Kabupaten Bombana Tahun 2023

Bombana, SultraNET. | Suasana kebahagiaan menyelimuti Desa Pulau Tambako, Kecamatan Mataoleo, saat perwakilan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kendari, Sulawesi Tenggara, berkunjung dalam rangka memberikan penghargaan atas prestasi Desa Pulau Tambako dalam penyaluran Dana Desa. Acara ini juga menjadi momen penting pemberian Penghargaan kepada Desa Percontohan Penyaluran Dana Desa terbaik di Kabupaten Bombana Tahun 2023. Sabtu 4 November 2023

Penghargaan berupa piagam keberhasilan diserahkan langsung oleh perwakilan Kepala KPPN Kendari, Agung Mulyono, kepada Kepala Desa Pulau Tambako, Asmadin. Turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bombana, M. Hadi Raharjo Putra, S.IP, para staf Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bombana, Camat Mataoleo, serta Aparat Desa Pulau Tambako dan masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 98 Tahun 2023 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa, dan surat dari Direktur Jenderal Perbendaharaan KPPN Kendari, Desa Pulau Tambako dinilai mampu menyerap dengan baik penyaluran Dana Desa, mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki, terutama di sektor pertanian dan pariwisata.

Agung Mulyono, Kepala KPPN Kendari, menyatakan kekagumannya terhadap Desa Pulau Tambako yang telah memanfaatkan Dana Desa dengan sangat baik. “Dana Desa kami salurkan, lalu dikonfirmasi ke BKD berapa besar penyerapannya, dan melihat data-data dari BKD bahwa Desa Pulau Tambako adalah desa yang paling baik menyalurkan dananya di Bombana,” tuturnya.

Penghargaan ini bukan hanya sekadar bentuk apresiasi, tetapi juga dukungan kepada Desa Pulau Tambako sebagai desa percontohan. Desa ini berhasil mengubah Dana Desa menjadi inovasi nyata, seperti pembukaan destinasi wisata yang memberikan dampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

“Kami terjun sendiri ke sini, melihat langsung dan memastikan bahwa Desa Pulau Tambako telah memanfaatkan Dana Desa secara optimal untuk membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ungkap Agung Mulyono.

Penghargaan ini menjadi pendorong semangat Desa Pulau Tambako dan contoh inspiratif bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan Dana Desa untuk pembangunan dan kemajuan yang berkelanjutan. (KI)

Pos terkait