Pj. Bupati Bombana Pimpin Upacara Hari Guru Nasional di Poleang Barat

Pj. Bupati Bombana H. Burhanuddin
Pj. Bupati Bombana H. Burhanuddin

Bombana, SultraNET. | Pj. Bupati Bombana Ir. H. Burhanuddin, M.Si, menjadi Pemimpin Upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-78 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 di Desa Rakadua, Kecamatan Poleang Barat. Sabtu (4/11/2023)

Upacara dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Perwakilan Ketua DPRD Kabupaten Bombana, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Asisten/Staf Ahli Setda Bombana, para Kepala OPD, Forkopimcam, Ketua PGRI Bombana, Dewan Pendidikan, pengurus dan anggota PGRI Kabupaten Bombana, serta undangan dan siswa-siswi pelajar.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengungkapkan penghargaan atas tugas dan tanggung jawab guru yang dianggapnya sebagai tugas yang sangat mulia. Beliau menekankan peran guru dalam mencapai cita-cita negara, yaitu melahirkan Generasi Emas Tahun 2045 yang cerdas secara IQ dan EQ, yakni cerdas dalam berpikir dan memiliki ketaqwaan serta moral yang tinggi.

Dalam menghadapi Program Merdeka Belajar, Pj. Bupati Burhanuddin mencanangkan pembentukan Komunitas Orang Tua Murid. Tujuannya adalah agar orang tua dapat bekerja sama dengan guru-guru di sekolah untuk memberikan pendidikan di rumah. Melalui komunitas ini, diharapkan orang tua dapat memberikan pendidikan akhlak dan menyediakan fasilitas belajar, mengingat banyaknya waktu belajar murid di rumah.

Pj. Bupati Burhanuddin juga mengenang semangat dan niat mulia para guru di seluruh Indonesia yang pada tanggal 25 November 1945 sepakat membentuk PGRI sebagai wadah perjuangan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan. Organisasi ini memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat memajukan pendidikan nasional.

Beliau menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia yang telah menghargai perjuangan para guru, pendidik formal/non formal, dan tenaga kependidikan dengan menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. “Selamat Hari Ulang Tahun PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023, atas nama Pemerintah Daerah kami mengucapkan semoga PGRI kedepan semakin solid, semakin bisa dibanggakan, dan semakin profesional,” tandasnya. (KI)

Pos terkait