Hadiri Penatapan DCT Caleg DPRD, Pj. Bupati Bombana Jamin Netralitas ASN

Pj Bupati Bombana H. Burhanuddin (Kiri)
Pj Bupati Bombana H. Burhanuddin (Kiri)

Bombana SultraNET. | Ir. H. Burhanuddin, M.Si, Pj. Bupati Bombana, turut hadir dalam acara penentuan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bombana untuk Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Lantai 2 Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bombana pada Jum’at (3/11/2023).

Sebanyak 424 calon anggota DPRD dari 18 partai politik mengajukan diri untuk Pemilu 2024, namun melalui serangkaian verifikasi, hanya 17 partai politik yang memenuhi syarat. Dari hasil verifikasi tersebut, 325 nama masuk ke dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Proses penyusunan DCT akhirnya mempersempit jumlah calon menjadi 317 orang yang siap bersaing memperebutkan kursi di DPRD Bombana.

Bacaan Lainnya

Pj. Bupati Bombana, Ir. H. Burhanuddin, dalam sambutannya menyatakan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap pelaksanaan pemilu yang berjalan sesuai aturan dan transparan. Sebagai pembina politik di daerah, beliau menekankan pentingnya melibatkan masyarakat dalam setiap tahap demokrasi.

“Dalam posisi saya sebagai Pemerintah Daerah, kami berkomitmen mendukung pelaksanaan pemilu. Ini adalah tanggung jawab bersama untuk memastikan setiap tahap pemilu berjalan dengan baik,” ungkap Pj. Bupati Bombana.

Selain itu, H. Burhanuddin juga telah mengeluarkan surat edaran yang menjamin netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selama proses pemilu. Upaya ini bertujuan agar proses demokrasi di Bombana berlangsung dengan damai dan tidak terpengaruh oleh kepentingan tertentu.

Dengan semangat tagline “Kita Semua Bersaudara,” Pj. Bupati mengajak seluruh peserta pemilu untuk menjaga persatuan dan tidak merusak kebersamaan. Harapannya, kompetisi yang sehat akan menghasilkan wakil rakyat yang berkualitas, memahami kebutuhan masyarakat, dan berkontribusi positif dalam pembangunan.

“Semua tujuan kita hanya satu, yaitu menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tambah H. Burhanuddin.

Beliau berharap agar peserta pemilu, terutama para ketua partai dan calon legislatif, menjaga integritas dan menjalani kompetisi secara adil. Hal ini penting agar nantinya anggota DPRD yang terpilih mampu menjadi mitra yang konstruktif dan membawa perubahan positif bagi Bombana. (KI)

Pos terkait