Dorong Pengembangan Produksi Pertanian, Pemkab Bombana Serahkan Bantuan Alat dan Mesin Pasca Panen

Kadis Pertanian Bombana, Muhammad Siarah (Kiri) saat mendampingi Pj. Bupati Bombana, H. Burhanuddin (tengah)
Kadis Pertanian Bombana, Muhammad Siarah (Kiri) saat mendampingi Pj. Bupati Bombana, H. Burhanuddin (tengah)

Bombana, SultraNET. | Ir. H. Burhanuddin, M.Si, Pj. Bupati Bombana, bersama jajaran Pemkab. Bombana, memberikan dorongan signifikan untuk pengembangan sarana produksi pasca panen pertanian. Acara penyerahan bantuan alat dan mesin tersebut dilaksanakan dengan penuh semangat di Penggilingan Padi Kelompok Tani Samarata, Kelurahan Lameroro, Kecamatan Rumbia. Senin (11/09/2023)

Sebagai langkah nyata dukungan terhadap petani padi sawah, Pj. Bupati Burhanuddin menyampaikan apresiasi kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Bombana. Ia menyoroti semangat luar biasa para petani yang tetap berjuang dalam situasi sulit akibat dampak fenomena El Nino ekstrim.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Burhanuddin memberikan penghargaan khusus kepada para petani yang telah berkontribusi pada keberhasilan Kabupaten Bombana dalam menjaga kestabilan inflasi. Kabupaten ini mampu menurunkan inflasi hingga 1,88%, di bawah rata-rata inflasi Sultra sebesar 3,52% dan inflasi nasional 3,08%.

Keberhasilan tersebut bahkan membawa Kabupaten Bombana dan Kabupaten Muna masuk dalam nominasi TPID Award dari Pemerintah pusat dan mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden Republik Indonesia.

Burhanuddin menjelaskan bahwa salah satu strategi dalam mengatasi inflasi daerah adalah menjaga stok ketersediaan pangan, khususnya beras. “Penyiapan sarana pasca panen juga dilakukan untuk memastikan hasil panen petani tetap di dalam wilayah Kabupaten Bombana,” ujarnya.

Bantuan yang diserahkan mencakup Vertikal Drayer (Pengering Padi), Rice Milling Unit (RMU), Colour Sorter, dan Power Thresher Mobile (PTM). Pj. Bupati Bombana berharap bantuan ini dapat memotivasi para petani untuk lebih mengembangkan usaha tani padi sawah.

“Pemerintah Daerah akan terus mendukung melalui kegiatan-kegiatan pengembangan usaha tani dan menyediakan dukungan sarana serta prasarana sesuai kebutuhan dan kemampuan daerah,” tegas Burhanuddin.

Upaya ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan sektor pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani, dan menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Bombana. (ads)

Pos terkait