Kabupaten Kolaka Utara Perkuat Keamanan Informasi

Tangkapan Layar Sosialisasi Indeks KAMI
Tangkapan Layar Sosialisasi Indeks KAMI

Kolaka Utara, SultraNET. | Sebagai upaya memperkuat keamanan informasi, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara menggelar Sosialisasi Indeks Keamanan Informasi (KAMI) secara virtual yang dihadiri oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah yang aktif berpartisipasi dalam penerapan keamanan informasi. Senin (4/12/2023)

Pj. Bupati Kolaka Utara, Dr.Ir.Sukanto Toding, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Rahman, S.Pd., menjelaskan bahwa KAMI berfungsi sebagai alat untuk melakukan assessment dan evaluasi tingkat kesiapan penerapan keamanan informasi. Konsep KAMI didasarkan pada kriteria SNI ISO/IEC 27001 pada sistem elektronik.

Bacaan Lainnya

“Area evaluasi KAMI mencakup kategori sistem elektronik, tata kelola keamanan informasi, pengelolaan risiko, kerangka kerja keamanan informasi, pengelolaan aset informasi, teknologi, keamanan informasi, serta pengamanan keterlibatan pihak ketiga, layanan infrastruktur awan, dan perlindungan data pribadi,” ujar Rahman

Menurut peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 8 tahun 2020, KAMI menjadi salah satu indikator kinerja kunci dalam penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Acara ini juga menjadi momentum untuk memberikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Kolaka Utara, terutama Bidang Persandian, atas kelancaran pelaksanaan kegiatan.

“Terima kasih juga disampaikan kepada para narasumber dari Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Deputi III Badan Siber dan Sandi Negara yang telah berkontribusi dalam acara ini,” tandasnya. (Kominfo)

Pos terkait