Kembangkan Pertanian Berbasis Teknologi, Bupati Ruksamin Gandeng Universitas Gunadarma TechnoPark

Bupati Ruksamin saat menyerahkan cinderamata ke Pihak Universitas Gunadarma
Bupati Ruksamin saat menyerahkan cinderamata ke Pihak Universitas Gunadarma

Cianjur, Sultranet.com | Bupati Konawe Utara, H. Ruksamin, terus berupaya menggalakkan inovasi untuk memajukan berbagai sektor di daerahnya. Beliau menjalankan upaya ini dalam sektor pendidikan, pertanian, pariwisata, dan sejumlah sektor lainnya.

Pada Jumat, 8 Desember 2023, Bupati Ruksamin melakukan kunjungan kerja di Universitas Gunadarama (UG) – TechnoPark yang berlokasi di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut oleh Rektor Universitas Gunadarama (UG) – TechnoPark, Prof. Margianti, Se. Me, serta Kepala Badan Administrasi Perencanaan Sistem Informasi UG – TechnoPark Prof. Budi Hermana.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam upaya mengembangkan sektor pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Konawe Utara dengan berbasis teknologi. UG – TechnoPark dipilih karena menjadi satu-satunya kawasan di Indonesia yang mengembangkan teknologi pertanian, manajemen, pendidikan, dan bisnis secara terpadu.

Selain mencerminkan inovasi dalam teknologi pertanian, UG – TechnoPark juga menyediakan platform yang mendukung pertumbuhan sektor pendidikan dan bisnis terkait.

Dalam kunjungan ini, Bupati Ruksamin secara langsung menyaksikan kolaborasi antara universitas dan industri untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pengembangan sektor pertanian.

Universitas memaparkan proyek inovatif seperti penggunaan teknologi sensor untuk pemantauan tanaman, sistem manajemen pertanian berbasis kecerdasan buatan, dan program pelatihan untuk peningkatan keterampilan petani lokal.

“Tujuan kami datang kesini adalah untuk menjalin kerjasama yang telah terjalin antara pemda Konut dan Pihak Universitas Gunadarma.” ujar Ruksamin

Ketua DPW PBB Sultra itu menegaskan pentingnya transformasi di era revolusi industri 5.0 untuk pengembangan sektor pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Konawe Utara.

Menurutnya, pengembangan pertanian berbasis teknologi akan meningkatkan hasil produksi dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Kunjungan ini tak hanya bertujuan mengamati, tetapi juga membuka potensi kerja sama yang berkelanjutan antara pemerintah daerah dan lembaga pendidikan.

Ruksamin berkomitmen untuk kembali berkunjung ke UG – TechnoPark dengan membawa tim teknis dari Konawe Utara serta menyediakan lahan dan anggaran untuk mendirikan TechnoPark di wilayahnya.

Bupati Ruksamin saat menyerahkan cinderamata ke Pihak Universitas Gunadarma
Bupati Ruksamin saat menyerahkan cinderamata ke Pihak Universitas Gunadarma

Ia mengakui pentingnya kerjasama dengan TechnoPark untuk mendukung pengembangan manajemen pertanian yang efisien dan memberikan akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat setempat.

Kunjungan ini bukan hanya sebagai acara formal, melainkan langkah konkret menuju transformasi sektor pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Konawe Utara. Di akhir kunjungan, sebagai ungkapan terima kasih, Bupati memberikan cendera mata kepada Rektor UG – TechnoPark.

Turut mendampingi Bupati dalam kunjungan ini adalah Kepala Bappeda, Kadis P&K, Kadis Tanaman Pangan, Kadis Pertanian, Kadis Keuangan, dan Kabag Prokopi (*Kominfo)

Pos terkait