Khaekal Youth Institute di Deklarasikan, Wadah Pemuda Kreatif Bombana

Foto Bersama Usai Deklarasi KYI
Foto Bersama Usai Deklarasi KYI

BOMBANA, Sultranet.com – Komitmen salah satu bakal calon Bupati Bombana Muhammad Khaekal Atikurahman dibidang pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif khususnya dikalangan generasi muda ditunjukkan dengan dideklarasikannya Khaekal Youth Institute (KYI). Jum’at (29/3/2024)

Ketua Umum Khaekal Youth Institute (KYI) Bombana, Hajar menjelaskan tujuan dideklarasikannya KYI adalah sebagai wadah pengembangan ekosistem pemuda kreatif di seluruh wilayah Kabupaten Bombana.

Bacaan Lainnya

Menurutnya hal itu sejalan dengan semangat Dewan Pembina KYI Muhammad Khaekal Atikurahman yang menilai pentingnya pembinaan bagi generasi muda yang memiliki semangat untuk berinovasi dan berkreasi di bidang UMKM maupun industri kreatif lainnya.

“Jadi KYI ini adalah wadahnya Pemuda Kreatif, kita ingin di Bombana ini terbangun ekosistem pemuda kreatif yang kuat hingga ke desa desa,” ujarnya

Kegiatan Deklarasi KYI
Kegiatan Deklarasi KYI

Hal senada disampaikan salah satu Dewan Pembina KYI, Agustamin Saleko ia menyebut, pentingnya ada wadah bagi pemuda pemuda kreatif di daerah itu untuk mengembangkan minat dan bakat mereka.

“Pemuda kreatif itu memiliki ketertarikan terhadap perubahan dan mampu menghasilkan ide-ide yang dapat merubah dunia, ini musti di fasilitasi dalam sebuah wadah agar lebih terorganisir,” ujar Agustami Saleko

Pembina KYI Bombana, Agustamin Saleko
Pembina KYI Bombana, Agustamin Saleko

Ia berharap KYI yang baru di deklarasikan ini dapat memfasilitasi terbangunnya ekosistem pemuda kreatif yang berkelanjutan di Bombana.

“Kita akan fasilitasi juga melalui International Creative Community Network (ICCN) agar industri kreatif yang digagas melalui KYI ini dapat lebih cepat berkembang,” bebernya

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhamad Aris yang turut hadir sebagai undangan mengapresiasi kegiatan deklarasi tersebut. Menurutnya saat ini pemuda memang dituntut harus menunjukkan keberpihakannya. Ia menyebut terdapat banyak program kepemudaan namun tidak didukung dengan ketersediaan anggaran untuk pelaksanaannya.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhamad Aris
Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara, Muhamad Aris

 “Insya allah KYI kita akan libatkan dalam kegiatan kegiatan kepemudaan di Sultra, termasuk ada dua ivent besar di tahun ini.” singkatnya. (IS)

Pos terkait