Lakukan Penghijauan, Babinsa Koramil 03/Poleang Tanam Pohon Cegah Longsor di Musim Hujan

Bombana, SultraNET. | Babinsa Kecamatan Tontonunu Koramil 1431-03/Poleang Kodim 1431/Bombana, yang dipimpin oleh, Sertu Andi Tasakka, aktif melibatkan diri dalam kegiatan penghijauan. Mereka melaksanakan penanaman 50 pohon di Desa Tongkoseng sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya longsor di musim hujan. Pohon yang ditanam terdiri dari jenis jati dan trembesi, dipilih karena memiliki akar yang kuat dan mampu menahan erosi tanah. (Kamis, 1/2/2024)

Kegiatan penghijauan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Tongkoseng, Rahman Usman, dan sejumlah warga masyarakat. Hal ini menunjukkan kesadaran bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi risiko bencana alam, khususnya longsor, yang dapat terjadi di daerah tersebut.

Bacaan Lainnya

Babinsa Sertu Andi Tasakka memberikan arahan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan melalui kegiatan penghijauan.

“Pohon-pohon yang kita tanam bukan hanya sebagai upaya pencegahan longsor, tetapi juga sebagai kontribusi positif terhadap ekosistem dan keseimbangan alam’. Ujar Sertu Andi

Kepala Desa Tongkoseng, Rahman Usman, mengapresiasi inisiatif dari Babinsa dan anggota Koramil 1431-03/Poleang. Ia menyatakan bahwa kegiatan penghijauan ini menjadi langkah konkret dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di wilayahnya. Selain itu, Rahman berharap agar kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

Dengan penanaman pohon yang dilakukan di Desa Tongkoseng, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan tahan terhadap potensi bencana. Upaya ini juga diharapkan menjadi contoh bagi wilayah-wilayah sekitarnya agar bersama-sama berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan alam dan melindungi masyarakat dari potensi risiko bencana yang dapat terjadi akibat perubahan iklim dan aktivitas manusia.

Pos terkait