Mitigasi Banjir di Masa Depan: Koramil 1431-02/Kabaena Galakkan Penghijauan

Bombana, SultraNET. | Desa Rahantari, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana menjadi sasaran aksi Karya Bakti yang dilaksanakan Koramil 1431-02/Kabaena Kodim 1431/Bombana, yang di Komandoi Oleh Bati Tuud Peltu Muh. Haris, beserta anggota Koramil 02/Kabaena mengambil langkah nyata dalam upaya mitigasi banjir di masa depan dengan melakukan penanaman pohon di lahan kosong Desa Rahantari. Minggu, 10/3/2024

Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah tokoh masyarakat, termasuk Kepala Desa Rahantari, Haryanto, beserta perangkat desa, para Babinsa Koramil 02/Kabaena, warga setempat, dan siswa Pramuka. Sinergi antara unsur pemerintah, TNI, masyarakat, dan pemuda menjadi kunci kesuksesan dalam upaya menghijaukan wilayah teritorial tersebut.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 50 pohon ditanam dalam kegiatan tersebut, terdiri dari pohon Trembesi dan Pohon Ketapang Kencana. Penanaman jenis pohon yang dipilih dengan cermat, dengan mempertimbangkan manfaatnya dalam menjaga ekosistem serta kemampuannya dalam menyerap air, menjadi langkah bijaksana dalam mengurangi risiko banjir di masa yang akan datang.

Bati Tuud Peltu Muh. Haris, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Kami berharap penanaman pohon ini bukan hanya sekadar seremonial, tetapi menjadi awal dari komitmen bersama dalam melestarikan alam dan mengurangi risiko bencana,” ujarnya.

Tanggapan yang hangat juga disampaikan oleh Kepala Desa Rahantari, Haryanto. Beliau menyambut baik upaya Kolaborasi antara Koramil 1431-02/Kabaena dan masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan.

“Kegiatan ini menjadi contoh nyata bagaimana sinergi antara TNI dan masyarakat dapat menciptakan dampak positif yang besar bagi lingkungan,” ungkapnya.

Upaya penghijauan yang dilakukan oleh Koramil 1431-02/Kabaena ini tidak hanya sekadar aksi simbolis. Namun, merupakan langkah nyata dalam menghadapi tantangan banjir di masa depan. Dengan adanya kesadaran dan kerja sama yang terjalin erat antara berbagai pihak, diharapkan wilayah tersebut dapat menjadi lebih hijau dan terlindungi dari ancaman banjir yang selama ini menghantui.

Pos terkait