Pangdam XIV/Hasanuddin Resmikan Kodim 1431/Bombana, Perkuat Keamanan dan Optimalisasi Tugas TNI

Peresmian Kodim 1431/Bombana
Peresmian Kodim 1431/Bombana

Bombana, SultraNET. | Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han), meresmikan Markas Kodim (Makodim) 1431/Bombana Korem 143/Halu Oleo dan Alih Kodal 3 Koramil dari Kodim 1413/Buton kepada Kodim 1431/Bombana. Acara ini berlangsung di Desa Hukaea Kec. Rarowatu Utara, dengan dihadiri Forkopimda Bombana, Sekda Kab. Bombana, para Kepala OPD dan Camat. Senin (30/10/2023).

Peresmian Kodim baru ini dilakukan secara resmi dengan penandatanganan prasasti yang juga dirangkaikan dengan pelantikan Komandan Kodim (Dandim) 1431/Bombana, Letkol Inf. Andi Irfandi, S.I.P. Sebelumnya, Letkol Andi Irfandi menjabat sebagai Dansecaba Rindam XIV/Hasanuddin. Acara ini juga menyaksikan pengangkatan Ny. Andi Irfandi sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 64 Kodim 1431/Bombana.

Bacaan Lainnya

Mayjen Totok menjelaskan bahwa pembentukan Kodim baru ini merupakan respons terhadap perkembangan lingkungan strategis dan ancaman aktual maupun potensial di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Langkah ini diambil untuk memastikan optimalisasi pelaksanaan tugas pokok TNI di bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Mayjen Totok menyatakan bahwa meskipun Kabupaten Bombana berusia 20 tahun, namun belum memiliki pangkalan militer dan hanya memiliki satu satuan tingkat Komando Rayon Militer (Koramil). Keberadaan Kodim ini diharapkan dapat meningkatkan situasi keamanan di Kabupaten Bombana.

“Saya minta Kodim ini dijadikan rumah sendiri, jangan takut sama pak Dandim, silahkan diskusi tapi untuk hal positif bukan untuk aneh-aneh. Kontributif untuk negara dan bangsa yang kita cintai bersama,” kata Mayjen Totok.

Ia juga berharap agar Kodim baru ini dapat berperan dalam menciptakan situasi keamanan yang nyaman dan tentram bagi masyarakat Bombana, terutama menjelang Pemilihan Umum 2024. Dalam rangka mendukung Kodim baru, Pangdam juga menyerahkan sejumlah bantuan, termasuk 10 unit Sepeda Motor dan 1 Kendaraan Dinas Dandim, serta bantuan Dana ATK dan operasional Kodim 1431/Bombana.

Sebagai bentuk kepedulian, Pangdam Totok juga menyerahkan bantuan Sembako kepada kaum Dhuafa, Stunting, Masyarakat sekitar satuan, serta bantuan Dana Lansia Tangguh. Peresmian Kodim ini diharapkan memberikan kontribusi positif terhadap keamanan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bombana

Pos terkait