Tingkatkan SPBE, Pemkab Konsel Luncurkan Super App

Peluncuran dan Sosialisasi Super APP Pemkab KONSEL
Peluncuran dan Sosialisasi Super APP Pemkab KONSEL

Kendari, SultraNET. | Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meluncurkan aplikasi terbaru bernama “Super App” sebagai bagian dari upaya konsisten pemerintah daerah dalam meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Peluncuran aplikasi ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk narasumber dari Pemkab Sumedang, diantaranya Sekretaris Bappeda Pemkab Sumedang, Yanuarti Kania Dewi, dan Sekdis Kominfo Sumedang, Arief Syamsudin, bersama stafnya Khalid Insan Tauhid. Senin (30/10/2023)

Bacaan Lainnya

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga, menyatakan bahwa peluncuran Super App menjadi awal eksekusi dari rencana yang telah disusun sebelumnya. Pada awal tahun lalu, Pemkab Konsel melakukan studi tiru dan kerjasama dengan Pemkab Sumedang untuk mempercepat pengoptimalan SPBE di daerah.

“Ini sudah lama dinanti-nantikan melihat tahapan yang mulai berjalan. Sehingga baru dilakukan karena tahapan yang perlu dilakukan review dari inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP),” ungkap Surunuddin.

Surunuddin menegaskan bahwa SPBE bukan lagi pilihan, tetapi keharusan, mengingat perkembangan teknologi yang sangat cepat. Dalam sambutannya, ia mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendukung penuh implementasi SPBE.

“Percepatan pembangunan SPBE adalah tanggung jawab bersama. Jika ada OPD yang tidak kooperatif, laporkan agar kita evaluasi. Jika kita santai-santai, maka ketinggalan,” ungkapnya.

Bupati Surunuddin juga menekankan bahwa transformasi pemerintahan ke arah digitalisasi memang tidak mudah, namun memerlukan kemauan dan kerja keras yang teguh. Ia mengajak seluruh OPD untuk tidak setengah hati dalam mendukung upaya digitalisasi pemerintahan.

“Mari kita satukan pemahaman, dimulai dengan e-office, dilanjutkan ke sistem-sistem lainnya. Kuncinya ada pada masing-masing OPD. Pemerintahan akan berjalan optimal jika dikerjakan bersama-sama, bahu membahu. Mari kita tuntaskan keharusan percepatan pembangunan SPBE itu,” pintanya.

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Konsel, I Putu Darta, menjelaskan bahwa Super App adalah aplikasi multi-fungsi yang menawarkan berbagai layanan dan fitur dalam satu platform. Aplikasi ini mengintegrasikan berbagai layanan dari seluruh OPD di Konawe Selatan, memungkinkan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengakses semua layanan yang ada pada aplikasi ini.

“Dengan kemampuan API yang mumpuni, layanan Super App dapat melakukan Pengelolaan Information System (Data dan API Management),” jelasnya.

Dalam waktu satu bulan ke depan, pengembangan SPBE akan semakin ditingkatkan melalui Super App ini. Salah satu langkah awal adalah pendaftaran tanda tangan elektronik, yang diharapkan dapat dimaksimalkan oleh masing-masing OPD.

“SPBE merupakan tantangan kita bersama. Olehnya itu, kami berharap dukungan masing-masing OPD agar pembangunan SPBE kita benar-benar maksimal. Dimulai dengan pendaftaran tanda tangan elektronik, sehingga koordinasi antar OPD kedepannya bisa makin optimal,” tambahnya. (IKP)

Pos terkait