Pemkab Bombana Lakukan Advokasi dan Pelatihan Penyusunan Pelaporan ARG

Foto bersama usai pelaksanaan kegiatan
Foto bersama usai pelaksanaan kegiatan

Bombana, Sultranet.com – Dalam upaya mengoptimalkan pengarusutamaan gender dalam pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Bombana melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bombana, Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga, menggelar kegiatan Advokasi dan Pelatihan untuk Penyusunan Pelaporan Anggaran Responsif Gender (ARG). Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bombana, Drs. Man Arfa, M.Si., yang mewakili Pj. Bupati Bombana di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bombana pada Kamis (28/3/2024).

Dalam sambutannya, Drs. Man Arfa menegaskan pentingnya pelaporan anggaran yang responsif gender dalam pembangunan daerah, mengacu pada Inpres No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan nasional. Ia menjelaskan bahwa pelaporan tersebut harus memastikan terlaksananya PUG dalam tahapan perencanaan, pelaksanaan, penganggaran, dan evaluasi kebijakan program dan kegiatan, guna mengurangi kesenjangan gender dalam pembangunan.

Bacaan Lainnya

“Pelaksanaan Advokasi dan Pelatihan untuk Penyusunan Pelaporan ARG diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan,” ujarnya.

Suasana Kegiatan Pelatihan
Suasana Kegiatan Pelatihan

Melalui partisipasi aktif perempuan dan laki-laki serta berbagai pihak terkait, para perencana dapat menyusun dokumen laporan ARG yang menjadi salah satu Indikator Kinerja Kunci (IKK) Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (LPPD) urusan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Turut hadir dalam kegiatan ini Narasumber pertemuan penyusunan laporan ARG, Kepala Perangkat Daerah Se-kabupaten Bombana, Kasubag Perencanaan Perangkat Daerah dan Kecamatan Se-kabupaten Bombana. Partisipasi aktif dari berbagai pihak diharapkan dapat memperkuat komitmen bersama untuk mencapai kesetaraan gender dan pembangunan yang berkeadilan di Kabupaten Bombana. (Adv)

Pos terkait