Pemkab Bombana Usung Semangat untuk Bangkit

Pj. Bupati Bombana, Ir.H.Burhanuddin,M.Si
Pj. Bupati Bombana, Ir.H.Burhanuddin,M.Si

Bombana, SultraNET. | Pemerintah Kabupaten Bombana menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023, bertempat di halaman Kantor Bupati Bombana, Senin (22/5/2023).

Upacara berlangsung khidmat dengan mengusung tema “Semangat untuk Bangkit”. Pada kesempatan itu, bertindak sebagai Inspektur Upacara  Pj. Bupati Bombana, Ir.H.Burhanuddin,M.Si dan perwakilan dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik bertindak sebagai pelaksana upacara.

Bacaan Lainnya

Pj. Bupati Burhanuddin berkesempatan membacakan sambutan tertulis Pelaksana tugas (Plt.) Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) Moh. Mahfud MD.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan Plt. Menteri Kominfo RI terutama ajakan untuk memaknai peringatan Harkitnas dalam perjuangan di masa modern.

“Seratus lima belas tahun lalu, pada tanggal 20 Mei 1908, Boedi Oetomo didirikan sebagai lambang persatuan Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan,” ucap Burhanuddin membacakan sambutan Plt. Menteri Kominfo.

Ia menyebut gerakan Boedi Oetomo menggabungkan berbagai gerakan perjuangan lokal menjadi satu kesatuan yang bertujuan untuk memajukan bangsa Indonesia. Tujuan utama Boedi Oetomo adalah memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat di mata dunia.

Ia melanjutkan, perayaan Harkitnas ke-115 sebagai momen untuk membangun semangat kebangsaan dalam menghadapi tantangan pasca-pandemi. Meskipun selama tiga tahun terakhir dunia menghadapi krisis pandemi Covid-19, seluruhnya patut bersyukur karena status darurat kesehatan global telah dicabut oleh WHO pada tanggal 5 Mei 2023.

 

“Selama masa sulit ini, rakyat Indonesia telah menunjukkan kesatuan dan semangat dalam mengatasi pandemi serta memulihkan perekonomian bangsa,” bebernya.

Menurutnya, perayaan Harkitnas juga menjadi kesempatan untuk menghargai kerja sama antara berbagai instansi pemerintah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan semua elemen bangsa dalam menghadapi krisis global seperti kesehatan, perekonomian, dan geopolitik.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 sebesar 5,31%, melebihi pertumbuhan sebelum pandemi. Triwulan pertama tahun 2023 juga mencatat pertumbuhan sebesar 5,03%, menunjukkan performa yang baik. Capaian ini harus dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa.

Selain itu, kebangkitan Indonesia juga tercermin dalam peran aktif di forum internasional. Indonesia berhasil memimpin G-20 pada tahun 2022 dengan tema “Recover Together, Recover Stronger”, dan saat ini menjadi ketua ASEAN dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

“Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia dan regional ini, mendukung semangat kebangkitan nasional dan mempercepat pemulihan global pasca-pandemi,” ungkapnya.

Dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, Indonesia dihadapkan pada tantangan dan harapan, dimana kita harus terus mempertahankan semangat kebangkitan nasional, bekerja keras, cerdas, dan bersama-sama untuk mencapai kemandirian dan kemajuan yang berkelanjutan. Semangat ini juga harus kita wariskan kepada generasi penerus kita.

“Selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115. Mari terus berjuang, belajar, tumbuh, dan maju dengan semangat untuk bangkit!,” tandasnya.

Upacara peringatan Harkitnas ke-115 tahun 2023 ini juga diikuti oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bombama,para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, serta seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bombana. (ADN)

Pos terkait