Ratusan Unit Mesin Pompa Air Disalurkan di Bombana

  • Whatsapp
Penyaluran ratusan unit mesin pompa air di Bombana
Penyaluran ratusan unit mesin pompa air di Bombana

Rumbia, sultranet.com | Sebanyak 483 unit Mesin Pompa Air Program Konversi dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) disalurkan kepada petani di Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin 21 November 2022.

Kepala Dinas Pertanian Bombana, Muhammad Siarah mengatakan  penyaluran ratusan unit mesin pompa air itu merupakan Bantuan dari Kementerian Pertanian yang di inisiasi oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dari Partai Demokrat, Rusda Mahmud yang menyasar petani dengan lahan sawah tada hujan yang tersebar di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bombana.

“Bantuan pertanian yang di fasilitasi oleh Rusda Mahmud untuk Bombana sudah tiga tahun berturut turut, bantuan Pompa air ini yang ke dua kalinya, yang pertama itu pompa air diberikan sebanayak 100 unit dan tahun ini kita dibantu sebanyak 400 unit lebih,” ujar Muhammad Siarah.

Menurut Siarah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi para petani khususnya Petani Padi sawah dan Petani Holtikultura karena masih terdapat sekitar enam ribu hektar lahan sawah tada hujan di Bombana.

“Ini akan sangat meningkatkan produksi para petani kita, petani sawah lahan tada hujan itu memiliki masalah terhadap penyediaan air, dengan  bantuan ini kita harapkan produksi pertanian khususnya petani padi sawah kita dapat meningkat,” bebernya.

Selain itu, bantuan ini sangat menekan baiaya produksi petani diketahui dengan penggunaan pompa air menggunakan bahan bakar minyak biayanya lebih besar dari pompa air yang menggunakan bahan bakar gas.

“Kita coba mengefisiensi pengeluaran petani kita, kalau petani pake mesin pompa air dari bahan bakar minyak biayanya tentu sangat mahal petani harus mengelarkan uang sebesar tiga jutaan lebih perhektar sedangkan jika petani menggunakan mesin pompa dari bahan bakar gas, petani hanya akan mengeluarkan biaya kurang lebih sembilan ratusan ribu,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *