Untuk Menjaga Kelancaran Pengairan Sawah, Babinsa Koramil 01/Rumbia Kerja Bakti Bersihkan Drainase yang Mengalami Pendangkalan

Bombana, SultraNET. | Babinsa Rarowatu Koramil 1431-01/Rumbia yang dipimpin oleh Serka M. Saleh bersama masyarakat setempat melakukan kegiatan kerja bakti dalam pembersihan saluran air atau drainase di Desa Lampeantani, Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana, Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran pengairan sawah di wilayah tersebut. Rabu, 27/3/2024

Dalam kegiatan kerja bakti tersebut, hadir juga Kepala Desa Lampeantani, Iksan, S.Pd, serta Babinsa wilayah Kecamatan Rarowatu diantaranya Serda Mastang dan Serda Sambas. Partisipasi aktif juga datang dari para Kepala Dusun serta masyarakat Desa Lampeantani.

Bacaan Lainnya

Babinsa Serka M. Saleh menyampaikan pentingnya pembersihan drainase secara berkala guna mencegah pendangkalan yang dapat menghambat aliran air.

“Dengan bersihnya saluran air, kita dapat memastikan distribusi air untuk pertanian tetap lancar, sehingga hasil panen petani tidak terganggu,” ujarnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Desa Lampeantani, Iksan, menegaskan bahwa kerja bakti ini adalah bagian dari upaya bersama untuk memelihara lingkungan dan mendukung sektor pertanian.

“Kami berterima kasih atas partisipasi aktif Babinsa dan masyarakat dalam menjaga saluran air ini. Semoga dengan upaya yang kita lakukan, pengairan sawah dapat tetap lancar dan hasil panen meningkat,” ungkapnya.

Kegiatan kerja bakti ini merupakan contoh nyata kolaborasi antara TNI, pemerintah Desa, dan masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan pertanian. Langkah konkret ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya pelestarian sumber daya alam dan pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Pos terkait