Disdukcapil Bombana Sosialisasikan Aplikasi e-Kinerja

Sosialisasi e-Kinerja Disdukcapil Bombana
Sosialisasi e-Kinerja Disdukcapil Bombana

Bombana, SultraNET.com | Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bombana menyelenggarakan sosialisasi tentang pengembangan fitur aplikasi layanan kepegawaian sistem informasi kinerja elektronik atau e-KINERJA pada hari Senin (5/2/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh pegawai aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) di lingkup Disdukcapil.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan melatih penggunaan aplikasi e-KINERJA kepada pegawai, sehingga mereka dapat mengukur dan melaporkan kinerja secara online dan transparan.

Bacaan Lainnya

Kepala Disdukcapil Bombana, Firdaus, S.Pd., MM, menyampaikan bahwa aplikasi e-KINERJA merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mendorong transformasi dan good governance di instansi pemerintah. Dia berharap, dengan penggunaan aplikasi ini, kinerja pegawai dan pelayanan publik di Disdukcapil dapat meningkat.

“Jumlah ASN yang besar harapannya kinerja meningkat, pelayanan dan kepuasan masyarakat juga semakin meningkat hingga mencapai titik loyalitas pelanggan yang senantiasa menunggu layanan lainnya,” ujar Firdaus.

Sosialisasi e-Kinerja Disdukcapil Bombana
Sosialisasi e-Kinerja Disdukcapil Bombana

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Kepala Bidang Pengadaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bombana, Mansur Sigia, S.Pi., M.Si. Ia menjelaskan bahwa e-KINERJA adalah inovasi berbasis digital yang harus disambut dan dipersiapkan oleh ASN dan P3K.

“e-KINERJA adalah bagian dari paradigma tata kelola organisasi secara digital, harus disambut dan dipersiapkan. Digitalisasi harus didorong terus menerus agar e-Government semakin optimal. e-KINERJA adalah instrumen dalam penilaian kinerja, ASN dan P3K bisa dikatakan berkinerja atau tidak dilihat dari hasil pengukuran kinerjanya,” paparnya.

Mansur juga menginformasikan bahwa Disdukcapil Bombana merupakan salah satu dari 10 pilot project implementasi aplikasi e-KINERJA Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Indonesia. Ia mengapresiasi langkah Disdukcapil Bombana yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.

“Disdukcapil Bombana adalah salah satu dari 10 pilot project implementasi aplikasi e-KINERJA BKN. Ini menunjukkan bahwa Disdukcapil Bombana adalah instansi yang proaktif dalam mengikuti perubahan zaman. Saya berharap, dengan aplikasi ini, kinerja dan pelayanan Disdukcapil Bombana semakin baik dan profesional,” tuturnya.

Peserta sosialisasi mendapatkan materi tentang pengelolaan kinerja ASN berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022. Mereka juga dilatih untuk mengoperasikan aplikasi e-KINERJA dan memahami pentingnya sasaran kinerja pegawai (SKP) sebagai alat evaluasi kinerja individual. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kinerja pegawai Disdukcapil Bombana dapat semakin baik dan profesional dalam melayani masyarakat. (ads)

Pos terkait