Ikuti Sosialisasi SIPD-RI, Kadis DLH Bombana Optimis Tingkatkan Pelayanan Publik

Sosialisasi penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD-RI)
Sosialisasi penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD-RI)

Bombana, Sultranet.com | Pemerintah Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan sosialisasi penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD-RI) dengan tujuan utama meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Acara ini dihelat di Aula Tanduale Kantor Bupati Bombana pada Selasa (20/02/2024) dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bombana, Drs. Alimuddin, serta Kasubag Perencanaan, Astuti Achmad, S.Pt., M.M.

Bacaan Lainnya

Sosialisasi tersebut bukan semata-mata sebagai kegiatan rutin, melainkan sebuah langkah strategis untuk mempersiapkan para Kepala Perangkat Daerah sebagai Pengguna Anggaran dalam mengimplementasikan Aplikasi SIPD-RI pada Tahun Anggaran 2024.

Pj. Bupati Bombana, Drs. Edy Suharmanto, M.Si., menekankan bahwa aplikasi ini menjadi penting sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pengelolaan keuangan yang lebih terstruktur, terukur, dan transparan.

Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana, Drs. Man Arfa, M.Si., dalam arahannya menyatakan pentingnya aplikasi SIPD-RI dalam meningkatkan efisiensi dan memastikan bahwa proses pengelolaan keuangan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si (Kiri) dan Kadis DLH Bombana Drs. Alimuddin.
Pj. Bupati Bombana Drs. Edy Suharmanto, M.Si (Kiri) dan Kadis DLH Bombana Drs. Alimuddin.

Menurutnya, penerapan teknologi informasi dalam administrasi keuangan daerah menjadi salah satu pilar utama dalam membangun tata kelola keuangan yang baik.

“Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja dan pelayanan publik di Kabupaten Bombana,” ungkap Sekda Bombana.

Drs. Alimuddin, Kadis DLH Bombana, juga turut menyampaikan optimisme atas manfaat sosialisasi ini dalam mempersiapkan semua pihak terlibat untuk mendukung penuh aplikasi SIPD-RI.

“Keberhasilan dalam penerapan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kinerja dan pelayanan publik di Kabupaten Bombana,” tutur Alimuddin.

Selain materi sosialisasi, acara tersebut juga menyediakan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendapatkan klarifikasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai implementasi aplikasi SIPD-RI dari narasumber yang kompeten di bidangnya.

Sosialisasi ini menjadi langkah awal yang penting dalam mempersiapkan Pemerintah Kabupaten Bombana untuk menghadapi Tahun Anggaran 2024 dengan sistem pengelolaan keuangan yang lebih transparan, efisien, dan akuntabel.

Harapannya, melalui penerapan teknologi informasi ini, pelayanan publik di Kabupaten Bombana dapat terus ditingkatkan sehingga memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat. (adv)

Pos terkait