Kabupaten Bombana segera Miliki Master Plan Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin, S.Sos., M.Si
Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin, S.Sos., M.Si

Bombana, Sultranet.com – Dalam upaya memajukan sektor pariwisata, Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bombana telah mengalokasikan dana sebesar 700 juta rupiah untuk pembuatan Masterplan dan Desain Engineering Detail (DED) wisata. Langkah ini diambil sebagai persiapan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, yang menjadi syarat penting bagi pengembangan wisata terpusat.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin, S.Sos., M.Si, menjelaskan pentingnya Masterplan dan DED sebagai dasar yang tak terpisahkan dari pengelolaan wisata yang efektif. “Tanpa dokumen ini, kita tidak bisa mengelola wisata di Bombana dengan baik dan tidak bisa sepenuhnya mengandalkan APBD untuk pembangunan wisata,” ujarnya. Jumat (5/1/2024)

Bacaan Lainnya

Fokus pengembangan akan difokuskan pada Pulau Kondo dan Danau Ponu-Ponu di Desa Ranokomea, Kecamatan Poleang Barat, yang sudah menjadi bagian terintegrasi dari destinasi wisata.

“Kami berharap Masterplan dan DED selesai tahun ini, sehingga pekerjaan pengembangan wisata dapat dimulai pada tahun 2025,” tambah Anisa.

Penyusunan Masterplan dan DED akan melibatkan kerjasama dengan universitas ternama di Indonesia dan Kementerian Ekonomi Kreatif, menunjukkan komitmen serius Bombana dalam mengembangkan potensi wisatanya.

Dengan langkah strategis ini, Bombana berambisi menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang terkelola dengan baik dan berkelanjutan. (adv)

Pos terkait